Samsung Hadirkan AI Bespoke, Permudah Urusan Rumah Tangga


Logo Samsung

Logo Samsung

Samsung terus berinovasi untuk memberikan kemudahan bagi konsumennya dalam mengelola kehidupan sehari-hari, khususnya dalam hal operasional perangkat rumah tangga. Perusahaan teknologi asal Korea Selatan ini menghadirkan berbagai produk dengan teknologi Artificial Intelligence (AI) terbaru yang dirancang untuk membuat kehidupan lebih mudah dan efisien.

Menurut Joseph Martius, Head of Home Appliances Business di Samsung Electronics Indonesia, kehadiran teknologi AI di berbagai produk Samsung adalah upaya perusahaan untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang semakin menginginkan kemudahan dalam segala aspek kehidupan. “Kami menanamkan teknologi baru yang kami sebut Bespoke AI. Ini adalah era dimana hampir semua perangkat telah didukung AI. Semua serba AI,” ujar Joseph dalam acara bertajuk 'Do Less, Live More, with Bespoke AI Home Appliances' yang diadakan di Jakarta pada Kamis (19/9/2024).

Bespoke AI adalah lini produk baru dari Samsung yang mencakup berbagai perangkat rumah tangga seperti kulkas, mesin cuci, pengering, hingga pembersih udara (air purifier). Semua perangkat ini dapat terhubung melalui aplikasi SmartThings yang dikembangkan oleh Samsung, memungkinkan pengguna untuk mengontrol perangkat rumah tangga hanya dengan menggunakan smartphone.

Joseph menambahkan bahwa teknologi AI yang ditanamkan pada produk-produk tersebut dirancang untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan kepada pengguna. Selain itu, teknologi ini juga mendukung gaya hidup yang lebih ramah lingkungan. “Dengan teknologi AI ini, pengguna bisa menghubungkan semua produk Samsung ke dalam satu smartphone. Ini memungkinkan kita untuk lebih efisien dalam penggunaan energi dan memberikan kenyamanan lebih dalam kehidupan sehari-hari,” jelasnya.

Dengan adanya integrasi antara perangkat elektronik Samsung dan aplikasi SmartThings, pengguna dapat mengontrol perangkat rumah tangga dari jarak jauh, termasuk mengatur suhu kulkas, jadwal pencucian pakaian, hingga tingkat kelembapan udara di dalam rumah. Pengguna tidak perlu lagi repot mengoperasikan satu per satu perangkat secara manual, karena semua bisa diakses hanya dengan beberapa ketukan di layar smartphone.

“Melalui Bespoke AI, kini pengguna bisa menghubungkan berbagai perangkat di rumah dan mengelolanya dengan mudah. Hidup jadi lebih nyaman, sesuai dengan tagline kami ‘Do Less, Live More’. Kita bisa lebih menikmati hidup karena teknologi yang memudahkan ini,” lanjut Joseph.

Aplikasi SmartThings yang tersedia di Play Store dan App Store memungkinkan pengguna untuk mengakses semua perangkat pintar Samsung di rumah, bahkan hingga 20 orang dapat terhubung dalam satu jaringan. Ini berarti seluruh anggota keluarga dapat memiliki akses untuk mengatur perangkat sesuai kebutuhan masing-masing, tanpa mengganggu satu sama lain.

“Dengan Bespoke AI dan SmartThings, perangkat di rumah jadi sangat mudah dihubungkan. Setelah login, hingga 20 orang di rumah bisa terhubung dan memiliki akses untuk mengatur peralatan rumah tangga sesuai kebutuhan mereka masing-masing. Ini memberikan fleksibilitas lebih bagi keluarga yang memiliki preferensi berbeda,” jelas Joseph lebih lanjut.

Saat smartphone dan kulkas terhubung dalam jaringan yang sama, pengguna dapat mengatur suhu kulkas dari jarak jauh. Pengaturan suhu freezer dapat dilakukan dari -23 derajat Celcius hingga -15 derajat Celcius, sementara suhu fridge dapat diatur dari 1 derajat Celcius hingga 7 derajat Celcius.

Menariknya, pengguna juga dapat mengatur tingkat kecerahan (brightness) interior kulkas dari low, medium, hingga high. Ini memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan konsumsi energi listrik sesuai kebutuhan, sehingga lebih hemat energi.

Joseph berharap dengan kehadiran teknologi ini, pengguna produk Samsung dapat menjalani hidup yang lebih efisien dan ramah lingkungan. “Kami ingin menjadi mitra dalam kehidupan Anda. Dengan terus berinovasi, kami berharap dapat mempermudah kehidupan sehari-hari dan membuat Anda lebih banyak melakukan hal-hal positif. Melalui SmartThings ini, kami berharap tidak hanya bisa menciptakan koneksi yang lebih baik, tetapi juga mampu menghemat energi. Penghematan energi ini penting untuk masa depan anak dan cucu kita,” tutupnya.

Dengan berbagai inovasi yang terus dikembangkan, Samsung berkomitmen untuk menjadi bagian dari gaya hidup modern yang lebih sederhana, nyaman, dan berkelanjutan. Teknologi AI yang diterapkan pada produk-produk rumah tangga ini diharapkan dapat memberikan manfaat lebih bagi para pengguna, menjadikan kehidupan sehari-hari lebih praktis dan penuh makna.


Bagikan artikel ini

Video Terkait