Peran Manusia sebagai Kunci Mengamankan Bisnis di Era SaaS


SaaS Sebagai Layanan Cloud yang Banyak Digunakan untuk Bisnis

SaaS Sebagai Layanan Cloud yang Banyak Digunakan untuk Bisnis

Bisnis saat ini bergantung pada solusi SaaS, hampir setiap fungsi bisnis mengandalkan berbagai platform teknologi berbasis cloud dan alat kerja kolaboratif seperti Slack, aplikasi Google Workspace, Jira, Zendesk, dan lainnya.

Baru-baru ini, kami melakukan pengawasan terhadap para pemimpin keamanan dan CISO mengenai prioritas dan tantangan utama dalam keamanan data. Kami menemukan bahwa lebih dari 70% bekerja di organisasi yang menggunakan 50 atau lebih solusi SaaS, dan hampir seluruh responden melaporkan bahwa lingkungan SaaS organisasi mereka mencakup 200 aplikasi atau lebih.

Dengan banyaknya platform teknologi berbasis cloud yang digunakan oleh karyawan, pelanggan, vendor, dan mitra, tidak mengherankan bahwa insiden keamanan data di berbagai industri semakin meningkat. Laporan Investigasi Pelanggaran Data Verizon 2024 menemukan bahwa 68% pelanggaran data “melibatkan elemen manusia yang tidak bermaksud jahat, seperti seseorang yang menjadi korban serangan rekayasa sosial atau melakukan kesalahan.”

Cara Menerbitkan Upaya Keamanan Data Anda

Apa pun ukuran bisnis Anda, tim keamanan Anda harus mengadopsi protokol firewall manusia jika bisnis menggunakan aplikasi kerja kolaboratif.

Firewall manusia, yang merupakan gabungan antara pelatihan dan teknologi yang memberdayakan semua karyawan untuk melindungi jaringan dan sistem perusahaan, memerlukan setiap orang memiliki pengetahuan dasar tentang ancaman keamanan data dan dapat memberi peringatan saat terjadi aktivitas mencurigakan.

Tantangannya adalah memastikan bahwa seluruh tenaga kerja memahami sifat kerentanan keamanan data dan dapat mengidentifikasi ancaman siber sebelum menjadi serangan yang lebih besar.

Mendidik seluruh tenaga kerja Anda mengenai risiko dan ancaman keamanan data serta menjadikan mereka bagian dari strategi keamanan siber Anda adalah langkah pertama untuk meningkatkan upaya keamanan data Anda dan mengurangi jumlah kesalahan yang tidak disengaja yang dapat membuka jalan menuju serangan siber yang menghancurkan.

Langkah kedua adalah memanfaatkan alat keamanan yang memungkinkan peringatan dinamis secara real-time untuk memberitahu karyawan ketika mereka memberikan informasi sensitif di platform yang tidak aman atau secara tidak sengaja menciptakan risiko keamanan siber.

Taktik kunci lainnya untuk menciptakan lingkungan kerja kolaboratif yang lebih aman adalah menetapkan kebijakan yang jelas di seluruh organisasi untuk mengunduh dan menggunakan aplikasi SaaS kolaboratif.

69% dari para CISO yang kami survei mengonfirmasi bahwa organisasi mereka membolehkan karyawan berbagi akses ke platform dan alat kerja kolaboratif dengan orang di luar organisasi. Aplikasi SaaS kolaboratif sangat penting untuk menyelesaikan pekerjaan. Namun, mereka juga menciptakan lingkungan berisiko tinggi. Itulah alasannya sangat penting untuk memiliki kebijakan mengenai pengunduhan dan penggunaan aplikasi yang dibuat dan dikelola oleh tim keamanan atau TI perusahaan. (Survei kami menemukan bahwa 62% CISO memiliki kebijakan SaaS yang menyatakan bahwa aplikasi harus disetujui oleh tim keamanan secara langsung.)

Produktivitas dan Keamanan Data Dapat Berjalan Bersama

Tingkat produktivitas organisasi Anda terkait langsung dengan aplikasi SaaS kolaboratif. Namun, lingkungan kerja kolaboratif SaaS dapat menciptakan kerentanan berisiko tinggi yang sering menjadi target para penjahat siber. Aplikasi ini, dapat dikatakan, adalah salah satu alasan terkuat bagi tim keamanan Anda untuk menerapkan strategi firewall manusia.

Dengan begitu banyak orang yang menggunakan dan memiliki akses ke banyak alat kerja kolaboratif, sangat penting bahwa karyawan mengetahui cara mengenali risiko keamanan dan bahwa tim keamanan memiliki akses ke alat keamanan data yang memungkinkan seluruh tenaga kerja menjadi bagian dari strategi keamanan perusahaan mereka.

CISO menyadari bahwa kejadian keamanan siber tidak dapat dihindari. Survei kami mengungkapkan jenis insiden keamanan siber yang paling umum dialami oleh responden meliputi serangan malware, skema phishing, kredensial yang dikompromikan dan pelanggaran data. Semua insiden keamanan siber yang sering dilacak kembali ke kesalahan manusia. Dengan lebih dari separuh survei responden mengkonfirmasi bahwa mereka telah mengalami kejadian semacam itu baik secara berkala atau sering, tidak ada keraguan bahwa 79% menyatakan bahwa mereka berencana untuk memprioritaskan pelatihan kesadaran dan keamanan di tahun yang akan datang.

Namun, diperlukan lebih dari sekadar kesadaran dan pelatihan keamanan untuk menjaga jaringan aplikasi SaaS Anda tetap aman. Mengadopsi strategi firewall manusia dan menerapkan alat keamanan data yang memungkinkan visibilitas ke dalam lingkungan SaaS Anda adalah dasar dari rencana keamanan data yang komprehensif. Yang terbaik, ini memungkinkan organisasi Anda untuk mempertahankan tingkat produktivitas yang tinggi tanpa mengorbankan keamanan data Anda.


Bagikan artikel ini

Video Terkait

© 2024 CyberHub
Powered By