SAP ECS Gandeng CyberArk dengan Konsep Zero Standing Privilege


Logo SAP

Logo SAP

SAP Enterprise Cloud Services (ECS), layanan private cloud terbesar di dunia, kini memperkuat keamanan sibernya dengan mengimplementasikan solusi dari CyberArk, perusahaan keamanan identitas terkemuka. Langkah ini diambil untuk melindungi akses istimewa dan sensitif ke layanan cloud mereka dengan konsep zero standing privilege atau tanpa hak istimewa bawaan. Konsep ini tidak hanya melindungi data klien, tetapi juga memungkinkan audit yang lebih mudah dan efisien.

Pentingnya Perlindungan Akses Istimewa

Sebagai penyedia layanan cloud yang mengoperasikan ratusan ribu server dan melayani lebih dari 6000 organisasi terbesar di seluruh dunia, SAP ECS memainkan peran krusial dalam menjalankan operasi inti bisnis di berbagai industri. Teknologi SAP Enterprise Resource Planning (ERP) yang ditawarkan oleh SAP ECS memungkinkan perusahaan-perusahaan ini untuk mempercepat dan menyederhanakan transformasi bisnis mereka dengan tingkat keamanan, ketangguhan, dan ketersediaan yang tinggi.

Namun, dalam operasional yang kompleks ini, administrator layanan cloud seringkali menjadi target utama serangan siber. Ini disebabkan oleh akses tingkat tinggi yang mereka miliki, yang jika jatuh ke tangan yang salah, dapat menimbulkan resiko besar terhadap keamanan data dan kelangsungan bisnis. Untuk itu, SAP ECS merasa perlu untuk mengadopsi pendekatan modern dalam mengamankan pengguna TI tingkat lanjut.

Implementasi Zero Standing Privilege

Melalui kerja sama dengan CyberArk, SAP ECS akan menerapkan konsep zero standing privilege, di mana tidak ada pengguna yang memiliki hak istimewa secara default, dan tidak ada akses yang selalu aktif. Setiap akses istimewa akan ditinjau dan dicabut tepat waktu, sehingga meminimalkan kerentanan terhadap serangan.

Untuk mengelola dan mengamankan akses istimewa ini, tim arsitektur pertahanan SAP ECS akan menggunakan sejumlah komponen dari platform Keamanan Identitas CyberArk, termasuk CyberArk Secure Cloud Access. Solusi ini akan diterapkan pada semua sesi, baik yang terkait dengan konsol cloud, aplikasi, maupun akses basis data, yang semuanya dapat dikelola melalui satu user interface.

CyberArk Secure Cloud Access adalah satu-satunya solusi keamanan identitas di pasaran yang menawarkan kemampuan zero standing privilege. Solusi ini bekerja melampaui prinsip least privilege, yang merupakan komponen utama dari sebagian besar kerangka kerja keamanan dan standar peraturan.

Komitmen Terhadap Keamanan Identitas

Roland Costea, Chief Information Security Officer (CISO) Enterprise Cloud Services dan Executive Vice President di SAP, menyatakan bahwa visi timnya dalam memperkenalkan CyberArk ke SAP ECS adalah untuk membangun keamanan identitas masa depan bagi bisnis. "Dengan menghadirkan tingkat perlindungan dan kepastian setinggi mungkin bagi basis pelanggan global kami, kami berharap dapat bermitra dengan CyberArk untuk meningkatkan ketahanan siber kami dan memperkuat reputasi ECS sebagai penyedia private cloud pilihan di dunia," ujarnya.

Pernyataan ini didukung oleh Matt Cohen, Chief Executive Officer CyberArk, yang menyatakan bahwa dengan meningkatnya serangan berbasis identitas, diperlukan paradigma baru dalam keamanan identitas. “Paradigma di mana setiap identitas diamankan dengan tingkat kontrol hak istimewa yang tepat,” kata Cohen.

Tim di SAP ECS, lanjut Cohen, telah menetapkan visi yang berani untuk melindungi pelanggannya melalui konsep zero standing privilege dan akses tepat waktu. CyberArk sangat antusias untuk bermitra dengan SAP ECS dalam prakarsa penting ini dan berkomitmen untuk memberikan solusi keamanan identitas terbaik di kelasnya guna mendukung kebutuhan bisnis yang terus berkembang.

Transformasi Keamanan di Era Digital

Keputusan SAP ECS untuk mengimplementasikan solusi CyberArk mencerminkan komitmen perusahaan dalam menghadapi tantangan keamanan di era digital. Dengan meningkatnya ketergantungan bisnis global pada layanan cloud, keamanan identitas menjadi aspek yang tidak bisa diabaikan. Melalui kerja sama ini, SAP ECS tidak hanya memperkuat keamanan internal mereka, tetapi juga memberikan rasa aman yang lebih besar kepada klien mereka di seluruh dunia.

Dalam dunia yang semakin terhubung, ancaman siber terus berkembang dan menjadi semakin canggih. Oleh karena itu, langkah proaktif seperti yang diambil oleh SAP ECS menjadi sangat penting. Dengan mengimplementasikan solusi zero standing privilege dari CyberArk, SAP ECS tidak hanya melindungi data dan sistem mereka, tetapi juga membangun fondasi yang kuat untuk masa depan keamanan siber yang lebih tangguh.

Ke depan, kerja sama antara SAP ECS dan CyberArk diharapkan akan menjadi model bagi perusahaan lain dalam hal pengelolaan dan perlindungan akses istimewa di lingkungan cloud. Ini juga menjadi bukti bahwa inovasi dalam teknologi keamanan adalah kunci untuk menghadapi ancaman siber yang terus berkembang dan menjadi semakin kompleks.


Bagikan artikel ini

Video Terkait

© 2024 CyberHub
Powered By